Kamis, 20 Desember 2018

Catatan Harian


Al-Azhar Pilar Pembangun Generasi Gemilang Kebanggaan Indonesia
Oleh  Anwar Sanusi

Al azhar dalam khittohnya didirikan sebagai pembangun kesadaran bersatunya ummat islam dengan nilai – nilai spiritual dan nilai-nilai kebangsaan yang melekat erat dalam diri para pendirinya. Nasionalisme sebagai wujud kecintaan pada negara tidak diragukan lagi eksistensinya dalam kehidupan dan helaan nafas insan yang bersama membangun Al azhar mulia ini.
Di Al azhar inilah sejak dahulu kala tonggak kebangsaan berkibar cemerlang hingga saat ini demi melahirkan generasi gemilang. Generasi yang akan tampil mengambil peran penting kemajuan negeri ini dengan sebuah tekad meninggikan wibawa dan kehormatan agama dan bangsa. Membangun generasi gemilang yang merupakan program jangka panjang sebagai konsensus sebuah cara berfikir yang penuh tanggung jawab dari para pendiri terhadap ummat dan bangsa.
Dalam kontribusinya terhadap bangsa, Al azhar selalu konsisten terhadap kemajuan ummat islam dan bangsa dengan mengembangkan sistem pendidikan islami yang dinamis, syarat dengan nilai – nilai budaya yang bisa diterima oleh berbagai macam kalangan. Pendidikan yang dikelola dirancang untuk mampu melahirkan generasi yang berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur. Inilah esensi Al azhar yang benar-benar diharapkan ummat.
Enam puluh enam tahun sungguh waktu yang sangat bermakna dalam sejarah berkembangnya dunia pendidikan di Al azhar. Sumber daya manusia serta sarana prasarana terus menerus diperbaharui sesuai kebutuhan zaman, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai yang sudah menjadi cita-cita luhur para pendiri sehingga mampu mewarnai khazanah pengetahuan anak bangsa yang berlandaskan iman dan taqwa. Banyak para cendikia dan pemangku jabatan penting di negeri ini yang lahir dari lembaga ini. Hal ini mengindikasikan sebuah capaian keberhasilan yang terorganisir dengan baik.
Saat ini Al azhar sangat mempuni untuk mendapatkan peluang diterima menjadi idola sebuah komunitas pendidikan, namun tetap akan  sangat bergantung sekali kepada seberapa besar usaha yang terus dilakukan Al azhar secara konsisten dan berkesinambungan. Peningkatan sumber daya manusia serta pemenuhan segala fasilitas yang menunjang energi pendidikan tak akan serta merta mampu mengubah Al azhar menjadi lebih baik. Lebih dari itu iklim kerja dan suasana kondusif serta kenyamanan akan memberikan efek yang sangat signifikan terhadap eksistensi Al azhar untuk meraih peluang sebagai sekolah yang unggul.
Tantangan internal bagi lembaga Al azhar ke depan terutama dalam memaknai era digital saat ini adalah bagaimana Al azhar mampu memformulasikan sebuah model pendidikan modern yang berbasis digital. Namun tetap tidak semua harus teraktualisasikan dalam konteks digital. Kegiatan praktis yang memerlukan sinergi antara individu tetap dipelihara, artinya aktifitas yang seyogyanya dilakukan langsung antar individu harus tetap eksis sebagai kebutuhan bersosialisasi.
Era digital dengan segala kecanggihannya akan sangat bermanfaat bagi Al azhar untuk kemudahan keterbukaan pelayanan kepada seluruh komunitas Al azhar (guru dan karyawan), seperti pelayanan transaksi perbankan, pembayaran pajak, asuransi, koperasi, BPJS yang diaktualisasikan dengan adanya rekening koran atau apapun bukti resmi dari lembaga profesional yang berkolaborasi dengan Al azhar. Hal ini harus dilakukan dengan pengawasan yang sesuai dengan SOPnya. Dan setiap kita terlibat dan bertanggung jawab untuk bisa saling berkontribusi menjadi alrm jika terjadi penyimpangan. Jika hal ini diabaikan atau dilakukan secara tidak profesional, maka akan sangat mudah penyimpangan itu terjadi yang pada akhirnya akan merugikan semuanya.
Tantangan eksternal dalam mengembangkan mutu pelayanan pendidikan yaitu mampu bersaing positif dengan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain serta membuka diri untuk menjalin kerjasama untuk kemajuan bersama. Yakni kemajuan yang berorientasi pada  tercukupinya pemenuhan kepuasan lahir maupun bathin atau dengan sebutan sukses dunia akhirat.
Akhirnya, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam esai ini, semoga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Pesan moral yang baik dan nilai-nilai yang coba saya hadirkan semoga semakin mengukuhkan tekad dan perjuangan kita agar Al azhar terus gemilang sebagai pilar bangsa. Aamiin ya robbal aa’lamiin








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  SOAL ULANGAN  BAB 13 SEMESTER 2 KELAS 4 TAHUN 2021 1.     I stilah pinjam meminjam dalam Islam disebut   …. A.     riyadoh B.     hi...